Bola Dunia Sepakbola Dunia

Borussia Dortmund Juara Piala Super Jerman 2013

Berita Bola – Borussia Dortmund juara Piala Super Jerman 2013 setelah mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 4-2 pada laga yang digelar di  di Signal Iduna Park, 28 Juli 2013 dinihari WIB. Terciptanya 6 gol pada laga ini membuktikan bahwa selain kedua tim bermain terbuka dan saling serang satu sama lain, juga memperlihatkan penampilan impresif dikedua kubu, terutama Dortmund yang akhirnya sedikitnya dapat membalas kekalahan di final Liga Champions musim lalu.
Bagi Dortmund kemenangan di Piala Super Jerman 2013 membuat tim yang dilatih Jurgen Klopp ini kini menyamai Munchen sebagai klub peraih terbanyak gelar juara Piala Super Jerman (DFL-Supercup) yakni masing-masing sebanyak 5 kali. 5 gelar Dortmund tesebut diraih pada 1989, 1995, 1996, 2008 dan 2013. Dari 5 gelar tersebut 4 diantaranya diraih dengan mengalahkan Bayern Munchen (1989, 2008 dan 2013).
Adapun bagi Munchen kekalahan ini cukup disayangkan, pasalnya Munchen awalnya berambisi menyempurnakan trebble winner yang mereka raih musim lalu. Kekalahan ini juga menjadi start tidak menyenangkan bagi Pep Guardiola yang musim ini menangani Munchen, menggantikan Jupp Heynckes yang membawa Munchen meraih trebble winner musim lalu, yang mana trebble itu diraih dengan 3 kali mempecundangi Dortmund.
 
Ulasan Pertandingan Piala Super Jerman 2013 Borussia Dortmund VS Bayern Munchen (4-2)
Baru 6 menit laga berjalan, Dortmund yang menjadi runner-up Bundesliga musim lalu ini berhasil memimpin lewat gol Marco Reus. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.
Dibabak kedua hujan gol terjadi. Arjen Robben berhasil membawa Munchen menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dimenit ke 44. Selang 2 menit dari gol Robben, gol bunuh diri Daniel Van Buyten membuat Dortmund kembali memimpin 2-1 pada menit ke 46.
Unggul 2-1, membuat Dortmund terus menggila. Hasilnya pada menit 57,  Ilkay Guendogan menambah keunggulan Dortmund menjadi 3-1. Munchen pun kemudian kembali bereaksi dan lagi-lagi melalui Robben, yang kembali memanfaatkan umpan Lahm dan mengkonversinya menjadi gol dimenit ke 64 sehingga skor menjadi 3-2. Usaha Munchen untuk menyamakan kedudukan, pupus setelah Dortmund malah menambah kembali goal pada 3 menit jelang waktu normal habis melalui gol kedua Marco Reus. Skor akhir pun menjadi 4-2 untuk kemenangan Dortmund.
Susunan Pemain

Borussia Dortmund : Weidenfeller; Grosskreutz, Subotic, Hummels, Schmelzer, Bender (Kehl 46′), Sahin, Kuba (Aubameyang 72′), Guendogan (Papastathopoulos 88′), Reus, Lewandowski

Bayern Munchen : Starke; Lahm, Boateng, van Buyten, Alaba, Thiago, Shaqiri (Schweinsteiger 67′), Kroos (Dante 86′), Muller, Robben, Mandzukic (Pizarro 75′)