Bola Dunia

Atletico Madrid VS Chelsea (Semifinal Liga Champions 2014)

Berita Bola – Semifinal Liga Champions 2014 mempertemukan Atletico Madrid VS Chelsea yang akan berjuang memperebutkan satu tempat ke laga final. Kendati bisa sedikit lega tak terundi dengan Bayern Munich, Chelsea juga mesti mewaspadai Atlético Madrid. Terlebih laju tim sekota Real Madrid itu ke semifinal Liga Champions didapat usai menumbangkan tim sebesar Barcelona.

Duta Chelsea yang jadi wakil di pengundian semifinal, Paulo Ferreira, bahkan tak segan memperhitungkan kans 50:50 untuk kedua tim menembus partai puncak. Chelsea akan bertindak sebagai tamu terlebih dulu pada 23 April dan memainkan leg lanjutan di Stamford Bridge, sepekan setelahnya.

“Melawan Atlético akan jadi laga sulit dengan peluang 50:50 bagi kedua tim mencapai final. Atlético menjalani pertandingan yang indah melawan Barcelona dan mereka pantas berada di semifinal,” tutur Ferreira, sebagaimana disitat UEFA.com, Jumat (11/4/2014).

Namun terdapat situasi berbeda di kubu Los Colchoneros. Bukan menyoal tanggapan peluang di atas, maupun seberapa sulit dua kali 90 menit yang akan dilakoni di Vicente Calderón dan di London, melainkan perihal Thibaut Courtois.

Tentu atas nama skuad terbaik, Atlético punya keinginan tetap memainkannya. Namun sesuai perjanjian peminjaman dari Chelsea, kiper internasional Belgia itu tak boleh dimainkan menghadapi tim “induknya”.

Situasi sedikit membaik setelah keluar pernyataan dari Badan Kedisiplinan dan Regulasi UEFA, yang sedianya membolehkan Courtois dimainkan saat melawan Chelsea. Tapi problemnya tak berhenti sampai di situ.

“UEFA Champions League dan Badan Kedisiplinan dan Regulasi UEFA, mengeliminasi ketentuan yang melarang, memaksa atau mempengaruhi sebuah klub terhadap pemain dari klub lain untuk tidak diperbolehkan diturunkan dalam sebuah pertandingan,” bunyi pernyataan UEFA.

Dilema masih merundung Atlético, antara memainkannya atau tidak. Pasalnya jika Atlético tetap memainkan Courtois mendasarkan keputusan UEFA di atas, “urusan” mereka soal Courtois ke depannya tentu takkan mendapat sambutan hangat dari Chelsea, baik untuk memperpanjang masa pinjamannya atau bahkan berupaya membelinya secara permanen.

“Atlético tentunya tak ingin membuat Chelsea kesal, tapi mungkin jika mereka tak memainkan Courtois, malah mereka yang akan disanksi UEFA,” kicau pengamat sepakbola Spanyol, Guillem Balague dalam twitternya.